MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 BATANG ANAI
DOI:
https://doi.org/10.24036/a56yjc73Keywords:
computational thinking, Problem based learning, pembelajaran konvensionalAbstract
Computational Thinking (CT) merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam menyelesaikan masalah. Namun, peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Batang Anai memperlihatkan kemampuan CT matematis yang belum optimal. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi pendekatan yang meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji perkembangan kemampuan CT matematis peserta didik melalui penerapan model PBL dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan model nonequivalent posttest-only control group. Sampel penelitian terdiri atas kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 4 Batang Anai Tahun Ajaran 2024/2025, yang ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Instrumen berupa tes akhir kemampuan CT matematis. Temuan penelitian memperlihatkan peserta didik dengan model PBL kemampuan CT matematisnya lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.