MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24036/r3q2pc25Keywords:
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, PENEMUAN TERBIMBING, PEMBELAJARAN KONVENSIONALAbstract
Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) Matematis ialah satu dari banyak kompetensi matematis yang penting pada siswa. Namun, di SMP Negeri 1 Payakumbuh pada siswa kelas VII masih menunjukkan kemampuan yang rendah dalam aspek ini. Aplikasi model Pembelajaran Penemuan Terbimbing adalah solusi. Jenis penelitian yang digunakan kombinasi penelitian kuasi percobaan dan deskriptif. Dengan desain nonequivalent posttest only control group design. Kelas VII.3 merupakan kelompok percobaan dan kelas VII.5 merupakan kelompok pembanding. Kuis dan tes akhir digunakan. Hasilnya memperlihatkan bahwa kelompok percobaan memiliki KPM yang lebih baik. H0 ditolak karena uji hipotesis dengan signifikansi menghasilkan nilai P-value = 0,00. Oleh karena itu, Pembelajaran Penemuan Terbimbing menunjukkan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan KPM Matematis daripada pembelajaran konvensional.