PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24036/k3ed6w88Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, GeogebraAbstract
Kemampuan peserta didik untuk mengkomunikasikan pembelajaran mereka sangat krusial untuk kesuksesan mereka di dalam dan di luar kelas. Untuk memecahkan masalah dan mengekspresikan ide, mereka membutuhkan kemampuan komunikasi matematis yang kuat, yang sangat penting dalam pendidikan matematika. Kemajuan matematika dapat terhambat tanpa adanya komunikasi yang efisien. Penelitian ini bermaksud untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan GeoGebra dalam model Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Payakumbuh dikomparasikan dengan metode pembelajaran yang konvensional pada TA 2024/2025. Penelitian memakai teknik yang dikenal sebagai “eksperimen semu” atau “eksperimen kuasi” untuk menghimpun data. Posttest-Only Control Group Design ialah desain penelitian yang akan digunakan. Analisis data memaparkan jikalau H1 diterima dengan nilai P-value yakni 0,000 dengan uji-t untuk pengujian hipotesis. Dengan memakai GeoGebra sebagai alat bantu, diperoleh bahwa model PBL mendorong kemampuan komunikasi matematis peserta didik.