PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH

Authors

  • Hafizah Salsabilla Universitas Negeri Padang Author
  • Irwan Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/k3ed6w88

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, Geogebra

Abstract

Kemampuan peserta didik untuk mengkomunikasikan pembelajaran mereka sangat krusial untuk kesuksesan mereka di dalam dan di luar kelas.  Untuk memecahkan masalah dan mengekspresikan ide, mereka membutuhkan kemampuan komunikasi matematis yang kuat, yang sangat penting dalam pendidikan matematika.  Kemajuan matematika dapat terhambat tanpa adanya komunikasi yang efisien.  Penelitian ini bermaksud untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan GeoGebra dalam model Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Payakumbuh dikomparasikan dengan metode pembelajaran yang konvensional pada TA 2024/2025.  Penelitian memakai teknik yang dikenal sebagai “eksperimen semu” atau “eksperimen kuasi” untuk menghimpun data.  Posttest-Only Control Group Design ialah desain penelitian yang akan digunakan.  Analisis data memaparkan jikalau H1 diterima dengan nilai P-value yakni 0,000 dengan uji-t untuk pengujian hipotesis.  Dengan memakai GeoGebra sebagai alat bantu, diperoleh bahwa model PBL mendorong kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Downloads

Published

2025-08-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 15-20. https://doi.org/10.24036/k3ed6w88

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.