Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Padang

Authors

  • Sarah Hazimah Usman Universitas Negeri Padang Author
  • Edwin Musdi Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/8ha97k36

Keywords:

Problem Based Learning , Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

Abstract

 

Hasil belajar ialah pencapaian yang didapatkan oleh peserta didik setelah menjalani proses pembelajaran. Strategi pengajaran yang diterapkan dapat memberikan dampak atau pengaruh terhadap hasil belajar itu sendiri. Penelitian dilaksanakan dengan maksud guna melihat apakah hasil belajar kelas VIII MTsN 1 Kota Padang pada tahun akademik 2024/2025 lebih baik memakai model pembelajaran PBL lebih baik dari pada memakai model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian kuantitaif dengan quasi eksperimen  dan rancangan Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas VIII MTsN 1 Kota Padang, dengan pemilihan sampel dilakukan secara acak. Alat ukur yang digunakan berupa tes akhir berbentuk soal uraian setelah proses pembelajaran selesai. Melalui pengujian statistik uji-t pada taraf probabilitas α = 0,05, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008. Hasil ini menandakan bahwa hipotesis nol (H₀) gugur dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2025-08-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 136-142. https://doi.org/10.24036/8ha97k36

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.