Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/8ha97k36Keywords:
Problem Based Learning , Pembelajaran Konvensional, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar ialah pencapaian yang didapatkan oleh peserta didik setelah menjalani proses pembelajaran. Strategi pengajaran yang diterapkan dapat memberikan dampak atau pengaruh terhadap hasil belajar itu sendiri. Penelitian dilaksanakan dengan maksud guna melihat apakah hasil belajar kelas VIII MTsN 1 Kota Padang pada tahun akademik 2024/2025 lebih baik memakai model pembelajaran PBL lebih baik dari pada memakai model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian kuantitaif dengan quasi eksperimen dan rancangan Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas VIII MTsN 1 Kota Padang, dengan pemilihan sampel dilakukan secara acak. Alat ukur yang digunakan berupa tes akhir berbentuk soal uraian setelah proses pembelajaran selesai. Melalui pengujian statistik uji-t pada taraf probabilitas α = 0,05, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008. Hasil ini menandakan bahwa hipotesis nol (H₀) gugur dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional.