Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 X Koto Singkarak
DOI:
https://doi.org/10.24036/j5yjxg62Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Two Stay Two Stray, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur penting yang mencerminkan sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kelas VIII di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak memiliki kemampuan matematika yang rendah karena kebiasaan belajar yang pasif. Menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu cara mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak pada Tahun Pelajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Kelas yang menjadi sampel yakni kelas VIII.A dan VIII.F. Instrumen penilaian berupa kuis dan soal uraian. Hasilnya memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik. ditolak karena uji hipotesis dengan signifikansi 0,05 menghasilkan nilai yakni 041. Oleh karena itu, hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional











