Penerapan Pendekatan Contextual  Teaching And Learning Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 X Koto Singkarak

Authors

  • Wulan Aljamisa Universitas Negeri Padang Author
  • Prof. Dr. Yerizon, M.Si Translator

DOI:

https://doi.org/10.24036/j5yjxg62

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Model Two Stay Two Stray, Pembelajaran Konvensional

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur penting yang mencerminkan sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kelas VIII di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak memiliki kemampuan matematika yang rendah karena kebiasaan belajar yang pasif. Menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu cara mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak pada Tahun Pelajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Kelas yang menjadi sampel yakni kelas VIII.A dan VIII.F. Instrumen penilaian berupa kuis dan soal uraian. Hasilnya memperlihatkan bahwa kelompok eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik.  ditolak karena uji hipotesis dengan signifikansi 0,05 menghasilkan nilai yakni 041. Oleh karena itu, hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa  yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional

Downloads

Published

2025-12-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Pendekatan Contextual  Teaching And Learning Pada Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 X Koto Singkarak. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 129-134. https://doi.org/10.24036/j5yjxg62

Similar Articles

1-10 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)