Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak
DOI:
https://doi.org/10.24036/yx6e7632Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar , Model Pembelajaran KonvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) selama kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak pada Tahun Pelajaran 2025/2026, serta bagaimana pendekatan CTL dapat mengembangkan hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design, dengan kelas 8.A dan 8.F sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan pendekatan CTL selama kegiatan pembelajaran, serta perkembangan yang signifikan dalam hasil belajar mereka, yang didasarkan pada hasil dari enam kuis yang dilakukan di setiap pertemuan











