Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Kec. Harau
DOI:
https://doi.org/10.24036/00sdtr72Keywords:
Model Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Eksperimen Semu.Abstract
Tercapainya tujuan pembelajaran matematika idealnya tercermin dari hasil belajar siswa. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika masih tergolong rendah, salah satunya akibat model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Sebagai solusi, model Discovery Learning ditawarkan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Model ini mendorong siswa menemukan konsep melalui eksplorasi dan pengalaman langsung, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan pencapaian tujuan pembelajaran secara lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain kuasi eksperimen. Nonequivalent posttest- only control group design dipakai dalam riset ini. Kelas yang menjadi sampel yakni kelas VIII. D dan VIII. J. instrumen penelitian ini yakni lima butir soal essay yang sesuai dengan indikator hasil belajar. Hasil penelitian yang di peroleh yakni p- value = 0,000 < 0,005 artinya Ho ditolak. Dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kec Harau yang belajar menggunakan model Discovery Learning lebih baik dibanding siswa yang menggunakan model konvensional