Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Fase E SMAN 5 Bukittinggi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24036/eyaffg47

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Discovery Learning, Geogebra

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dengan kemampuan komunikasi siswa mampu untuk menjelaskan ide-ide dan argumen dan menghubungkannya ke dalam bentuk matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra akan lebih unggul dibandingkan menggunakan model  pembelajaran konvensional di kelas X fase E SMAN 5 Bukittinggi tahun pelajaran 2024/2025. Metodologi penelitian yang diterapkan adalah Quasi Eksperimen dengan desain yang dipilih adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Analisis data menunjukkan bajwa uji Mann Whitney untuk pengujian hipotesis menerima  dengan P- value  = 0,000. Membuktikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih unggul ketika pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Geogebra

Author Biographies

  • Ummul Hafizhah, Universitas Negeri Padang

    Pendidikan Matematika

  • Yerizon, Universitas Negeri Padang

    Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Fase E SMAN 5 Bukittinggi. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(2), 13-19. https://doi.org/10.24036/eyaffg47

Similar Articles

1-10 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.