Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Fase E SMAN 5 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/eyaffg47Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Discovery Learning, GeogebraAbstract
– Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam proses pembelajaran, karena dengan kemampuan komunikasi siswa mampu untuk menjelaskan ide-ide dan argumen dan menghubungkannya ke dalam bentuk matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra akan lebih unggul dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X fase E SMAN 5 Bukittinggi tahun pelajaran 2024/2025. Metodologi penelitian yang diterapkan adalah Quasi Eksperimen dengan desain yang dipilih adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Analisis data menunjukkan bajwa uji Mann Whitney untuk pengujian hipotesis menerima dengan P- value = 0,000. Membuktikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa lebih unggul ketika pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan Geogebra