MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS  PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KINALI

Authors

  • Vioni Adhia Sari Universitas Negeri Padang Author
  • Maulani Meutia Rani Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/t9rdzm29

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Konvensional, Problem Based Learning

Abstract

Peserta didik perlu belajar dan berlatih memecahkan permasalahan matematika sebagai bagian dari pembelajaran. Namun, SMP Negeri 1 Kinali terus berjuang dalam menyokong hal ini. Untuk lebih memahami bagaimana keterampilan ini dibentuk oleh model pembelajaran yang berbeda, penelitian ini mengomparasikan model problem-based learning (PBL) dengan model konvensional. Partisipan dalam penelitian ini yakni kelas tujuh di SMP Negeri 1 Kinali. Penelitian ini mempergunakan desain quasy experiement. Kelompok eksperimen terdiri dari Kelas VII.4 dan kontrol terdiri dari Kelas VII.1. Proses penghimpunan sampel dilaksanakan secara acak. Ujian akhir, atau disebut posttest, dan kuis digunakan untuk menghimpun data. Hasil dari analisis statistik memaparkan jikalau Kelas VII.4 mengungguli kelas VII.1. H0 ditolak karena hasil uji-t memaparkan jikalau nilai P-value < α, yakni 0,027. Hal ini mengindikasikan jikalau kemampuan mereka lebih baik setelah diintegrasikan model PBL jika dikomparasikan dengan model konvensional.

Downloads

Published

2025-09-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS  PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KINALI. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 168-173. https://doi.org/10.24036/t9rdzm29

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.