Pangaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Pemecahab Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/61vjay33Abstract
Kemampuan pemecahan masalah ialah faktor penting yang harus diperhatikan siswa saat menghadapi tantangan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model CTL berbantuan video dalam meningkatkan kemampuan siswa MTsN 3 Padang kelas VIII dalam memecahkan masalah matematis.
Jenis penelitian yang dilakukan ialah kuasi eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group. Populasi dari penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTsN 3 Padang Tahun Pelajaran 2024/2025. Sampel kelas ditentukan melalui teknik simple random sampling, menghasilkan kelas VIII.6 dan VIII.8 sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis.
Hasil analisis menunjukkan nilai P-value sebesar 0,023. Dengan nilai P-value < 0,05, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan video memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerima pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning berbantuan video terbukti lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.