PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/nx4mbj30Keywords:
Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran KonvensionalAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis masih menjadi tantangan, termasuk pada peserta didik jenjang kelas VII SMP Negeri 2 Padang yang cenderung belum optimal dalam menyelesaikan masalah. Untuk mendorong kemampuan berpikir peserta didik dalam menyelesaikan persoalan matematis, penelitian ini menerapkan pengajaran kooperatif yang terstruktur dalam bentuk model Group Investigation. Fokus utama dalam penelitian ini adalah menguji apakah pendekatan GI menghasilkan perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan metode konvensional di kelas VII SMPN 2 Padang TP 2024/2025. Rancangan metodologis dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menerapkan desain kelompok kontrol nonekuivalen dengan hanya menggunakan posttest. Berdasarkan pengolahan data, dapat diketahui terjadinya peningkatan pada seluruh indikator pemecahan masalah. Pada uji hipotesis diperoleh yaitu , sehingga tolak H0. Membuktikan bahwa, peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah matematis lebih signifikan pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model GI