Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.24036/rzfhwf51Keywords:
Numbered Head Together, Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini terinspirasi oleh hambatan peserta didik dalam memecahkan persoalan matematika di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Riset ini bermaksud meninjau perubahan kemampuan pemecahan masalah matematis mereka setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pada riset ini metodologi deskriptif dan kuasi-eksperimental, dengan mempergunakan desain posttest-only control group design. Dua kelas, XI F.1 dan XI F.8, dipilih sebagai sampel; F.1 berfungsi sebagai kelompok eksperimen, sedangkan F.8 bertindak sebagai kelompok kontrol, yang menerima pembelajaran konvensional. Hasil temuan memaparkan jikalau nilai rata-rata kelompok dengan model NHT secara signifikan lebih unggul daripada kelompok dengan pembelajaran konvensional. Kelompok dengan NHT memaparkan kemampuan lebih mumpuni jika dikomparasikan dengan kelompok yang menerima pembelajaran konvensional, seperti yang ditunjukkan oleh pengujian hipotesis (P = 0,000). Temuan ini mengindikasikan model NHT merupakan alternatif yang layak untuk metode pengajaran matematika konvensional dalam meningkatkan kemahiran dalam penyelesaian masalah.