Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.24036/83rb3870Keywords:
Flipped Classroom, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang Panjang masih rendah. Penelitian melihat bagaimana model flipped classroom dapat membantu mengatasi masalah ini. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah meningkat ketika menggunakan model flipped classroom dan untuk mengkomparasikan peningkatan ini dengan peningkatan yang dihasilkan oleh metode pengajaran yang konvensional. Qualitative research methods, yakni posttest-only control group design dan metode kuasi-eksperimen, digunakan. Hasil penelitian mengindikasikan jikalau 1) kemampuan dalam memecahkan masalah matematika meningkat pada kelas yang diintegrasikan model flipped classroom, terutama untuk indikator mendeskripsikan informasi yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah dan indikator memecahkan masalah, dan 2) kemampuan dalam penyelesaian persoalan matematika melalui pembelajaran flipped classroom masih lebih baik jika dikomparasikan dengan pembelajaran konvensional.