Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek
DOI:
https://doi.org/10.24036/kt6xhh89Keywords:
Model Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran KonvensionalAbstract
Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ampek Angkek mempunyai hasil belajar matematika yang rendah. Integrasi model Discovery Learning (DL) dapat mengatasi persoalan tersebut. Sejauh mana model DL mengungguli metode yang lebih konvensional dalam mengajarkan matematika kepada peserta didik ialah pertanyaan utama yang memotivasi penelitian ini. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental design using a posttest-only control group. Seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek pada TA 2024/2025 menjadi populasi dalam studi ini. Dengan memanfaatkan metode Simple Random Sampling, memilih kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelompok kontrol. Alat penelitian penelitian ini yakni penilaian akhir kompetensi matematika. Hipotesis nol ditolak berdasarkan nilai p- value yang diperoleh dari analisis data tes akhir dengan menggunakan uji-t. Dikomparasikan dengan model konvensional, temuan penelitian mengindikasikan jikalau kelas VIII di SMP Negeri 1 Ampek Angkek yang diintegrasikan model DL mempunyai hasil yang lebih mumpuni. Hal ini memaparkan jikalau model DL berpengaruh terhadap hasil belajar khususnya matematika.