Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/j689wt89Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model pembelajaran Contextual teaching and Learning, Model Pembelajaran langsungAbstract
Hasil belajar sangat penting untuk menilai keberhasilan pembelajaran, dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Bukittinggi tahun pelajaran 2024/2025 memiliki kemampuan matematika yang rendah karena kebiasaan belajar yang pasif. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dengan metode kuasi-eksperimen pada dua kelompok sampel untuk melihat hasil belajar matematika dan membandingkan keefektifan model CTL dengan pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kuis meningkat setelah menggunakan model CTL, dan pengujian hipotesis membuktikan bahwa, jika dibandingkan dengan pembelajaran langsung, model CTL sangat mendorong hasil belajar matematika siswa. Studi ini menekankan perlunya memanfaatkan model pengajaran kreatif, seperti model CTL, untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.