Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi

Authors

  • Lidya Eka Fitri Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/j689wt89

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model pembelajaran Contextual teaching and Learning, Model Pembelajaran langsung

Abstract

Hasil belajar sangat penting untuk menilai keberhasilan pembelajaran, dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Bukittinggi tahun pelajaran 2024/2025 memiliki kemampuan matematika yang rendah karena kebiasaan belajar yang pasif. Sebuah penelitian dilakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dengan metode kuasi-eksperimen pada dua kelompok sampel untuk melihat hasil belajar matematika dan membandingkan keefektifan model CTL dengan pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kuis meningkat setelah menggunakan model CTL, dan pengujian hipotesis membuktikan bahwa, jika dibandingkan dengan pembelajaran langsung, model CTL sangat mendorong hasil belajar matematika siswa. Studi ini menekankan perlunya memanfaatkan model pengajaran kreatif, seperti model CTL, untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bukittinggi. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 39-45. https://doi.org/10.24036/j689wt89

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.