Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Lubuk Alung
DOI:
https://doi.org/10.24036/j1gsw716Keywords:
TIPE THINK PAIR SHARE, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, HASIL BELAJARAbstract
Abstrak- Tujuan utama pembelajaran matematika yaitu supaya peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan oleh pendidik, yang bisa dilihat dari peningkatan prestasi belajar mereka. Dalam penelitian ini, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dikombinasikan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dianggap sebagai metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen melalui desain Nonequivalent Posttest Only Control Group. Populasi penelitian terdiri atas siswa kelas VII di SMPN 1 Lubuk Alung pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling, yakni sampelnya berasal dari kelas VII.1 dan VII.2. Instrumennya berupa kuis dan tes akhir dalam mengukur hasil belajar matematika siswa.
Hasil kuis membuktikan adanya peningkatan dalam pencapaian belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada tes akhir, diperoleh = 0,003. Berhubung < 0,05, disimpulkan bahwasanya penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui pendekatan CTL memberi pengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran matematika peserta didik. Sehingga peserta didik yang mengikuti pembelajaran dan menerapkan model TPS berbasis CTL menunjukkan hasil belajar matematika yang lebih unggul daripada peserta didik yang mengikuti metode konvensional.











