Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak

Authors

  • Wulan Aljamisa Universitas Negeri Padang Author
  • Yerizon Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/yx6e7632

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar , Model Pembelajaran Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) selama kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak pada Tahun Pelajaran 2025/2026, serta bagaimana pendekatan CTL dapat mengembangkan hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan rancangan The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design, dengan kelas 8.A dan 8.F sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan pendekatan CTL selama kegiatan pembelajaran, serta perkembangan yang signifikan dalam hasil belajar mereka, yang didasarkan pada hasil dari enam kuis yang dilakukan di setiap pertemuan

Downloads

Published

2025-11-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 129-134. https://doi.org/10.24036/yx6e7632

Similar Articles

11-20 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)