Dampak Model Connecting Organizing Reflecting Extending Didukung Flipbook di Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Nabila Andriani Universitas Negeri Padang Author
  • Yarman Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/pbn05q35

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model CORE, Model Konvensional, Flipbook

Abstract

Hasil belajar merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran karena dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Kenyataannya, peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek juga mengalami hasil belajar matematika yang rendah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbantuan flipbook serta mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model CORE berbantuan flipbook lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional. Studi ini menggunakan pengkajian deskriptif dan pengkajian kuasi dan desain nonequivalent posttest only control group design. Kelas XI F.3 dipilih sebagai kelompok eksperimen dan XI F.2 dipilih sebagai kelompok kontrol menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata kuis pada kelompok eksperimen meningkat yang diukur melalui instrumen kuis, yang menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami perkembangan. Sementara itu, setelah terpenuhi asumsi normalitas dan homogenitas, data yang diperoleh dari instrumen tes akhir hasil belajar matematika digunakan dalam uji t dan diperoleh hasil bahwa hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya dengan model CORE didukung flipbook lebih baik dibandingkan pembelajarannya menggunakan model konvensional.

Downloads

Published

2025-11-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Dampak Model Connecting Organizing Reflecting Extending Didukung Flipbook di Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 184-189. https://doi.org/10.24036/pbn05q35

Similar Articles

1-10 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.