PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANUHAMPU

Authors

  • Novita Hanifah Universitas Negeri Padang Author
  • Armiati Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/85pnya73

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran langsung, Student Teams Achievement Divisions

Abstract

Hasil belajar matematika mencerminkan pencapaian keseluruhan yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dan menjadi indikator keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu masih rendah, seperti terlihat dari penilaian tengah semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar peserta didik selama diterapkan model STAD dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu.

 Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan non equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas SMP Negeri 1 Banuhampu tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang menghasilkan kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol.

Instrumen penelitian berupa kuis dan soal tes berupa uraian. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai P-value = 0,034 kurang dari taraf signifikan yaitu α = 0,05, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu.

Downloads

Published

2025-08-07

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANUHAMPU. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 1-6. https://doi.org/10.24036/85pnya73

Similar Articles

1-10 of 48

You may also start an advanced similarity search for this article.