PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 12 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/ccz0ky05Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran LangsungAbstract
Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, hasil tes awal menunjukkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 12 Padang rendah, dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis. Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menjadi solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMPN 12 Padang, menggunakan metode quasy experiment dan desain penelitian posttest only control group design. Dilakukan peninjauan progres pemahaman konsep matematis peserta didik yang pelaksanaan pembelajarannya dengan model STAD melalui kuis terbukti terjadinya peningkatan. Hasil uji t data tes akhir diperoleh bahwa dengan taraf nyata yang menunjukkan bahwa dan tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran langsung.