PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 12 PADANG

Authors

  • Meilinda Hadisti Mahasiswa Author
  • Minora Longgom Nasution Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/ccz0ky05

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Model Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Langsung

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, hasil tes awal menunjukkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 12 Padang rendah, dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis. Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menjadi solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMPN 12 Padang, menggunakan metode quasy experiment dan desain penelitian posttest only control group design. Dilakukan peninjauan progres pemahaman konsep matematis peserta didik yang pelaksanaan pembelajarannya dengan model STAD melalui kuis terbukti terjadinya peningkatan. Hasil uji t data tes akhir diperoleh bahwa  dengan taraf nyata  yang menunjukkan bahwa  dan tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2025-08-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 12 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 33-38. https://doi.org/10.24036/ccz0ky05

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.