PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 3 BATUSANGKAR
DOI:
https://doi.org/10.24036/dsg9tc92Abstract
Siswa di UPT SMP Negeri 3 Batusangkar memiliki kemampuan yang kurang baik dalam memecahkan masalah matematika, yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Model Problem Based Learning (PBL) digunakan guna mengatasi masalah ini karena pendekatan ini mendorong pengembangan kemampuan pemecahan masalah. Studi bermaksud guna mengkarakterisasi kemampuan pemecahan masalah yang belajar dengan PBL. Deskripsi kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Kelas VII.1 menjadi sampel dalam penelitian ini, yang menggunakan simple random sampling. Sebuah ujian dalam penyelesaian masalah matematika berfungsi sebagai alat penelitian. Para siswa menunjukkan kemahiran dalam bidang-bidang berikut: mengenali unsur-unsur yang diketahui (65 poin), memecahkan masalah matematika (60,42 poin), menerapkan rumus (43,13), dan menginterpretasikan hasil (37,50 poin). Dengan nilai rata-rata keseluruhan 49,83, kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kategori perlu bimbingan, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh UPT SMP Negeri 3 Batusangkar. Hasil penelitian menunjukkan jikalau kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum berkembang secara maksimal meskipun model PBL telah digunakan di kelas.











