PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XII FASE F SMAN 1 BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24036/fg54mt46Keywords:
Kemampuan Literasi Matematis, Pendekatan Realistic Mathematics Education , Pendekatan SaintifikAbstract
Literasi matematis merupakan kompetensi penting yang wajib siswa miliki pada pembelajaran matematika. Akan tetapi, mengacu pada hasil tes awal, kemampuan literasi matematis peserta didik kelas XII Fase F SMA Negeri 1 Bukittinggi masih terklasifikasikan rendah. Pendekatan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guna mengoptimalkan kemampuan ini salah satunya Realistic Mathematics Education (RME). Riset ini ditujukan guna mendeskripsikan perkembangan literasi matematis peserta didik melalui penerapan pendekatan RME sekaligus membandingkannya dengan pendekatan saintifik. penelitian ini memanfaatkan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan deskriptif dengan desain Non-equivalent Posttest Only Control Group. Keseluruhan peserta didik kelas XII Fase F SMA Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2025/2026 menjadi populasi dari riset ini, yang terdiri atas dua kelas. Pengambilan sampelnya ditempuh melalui teknik simple random sampling, di mana kelas XII F.4 ditetapkan sebagai kelas eksperimennya sedangkan XII F.3 sebagai kelas kontrolnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh indikator pemahaman konsep. Hasil uji hipotesis memberikan nilai P sebesar 0,042 (tolak H0), yang mengindikasikan bahwasanya peserta didik yang berpartisipasi pada pembelajaran melalui pendekatan RME memiliki literasi matematis lebih baik dibanding peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan saintifik. Dengan demikian, penerapan pendekatan RME memengaruhi peningkatan literasi matematis peserta didik secara positif.











