PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATlF TlPE TEAMS. GAMES TOURNAMENT. TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATlS PESERTA DlDlK KELAS XII MIPA SMAN 1 AMPEK ANGKEK
DOI:
https://doi.org/10.24036/x63tws44Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Teams Games Tournament, Pembelajaran LangsungAbstract
Pemahaman konsep dalam matematika ialah tujuan utama yang harus diraih oleh siswa selama proses belajar. Namun, fakta pada kelas Xll MIPA SMA Negeri l Ampek Angkek memperlihatkan bahwasanya penguasaan konsep siswa masih minim. bisa terlihat di hasil evaluasi harian yang memperlihatkan siswa belum mampu menerapkan konsep dengan logis selaras terhadap indikator pemahaman konsep. Salah satu dari pilihan yang bisa diterapkan ialah penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis Teams Games Tournament (TGT). Studi ini bermaksud guna membandingkan pemahaman matematika siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan TGT dengan siswa yang diajarkan langsung menggunakan materi yang sama. Studi ini meggunakan pendekatan kuasi eksperimen yang rancangan kelompok statis. Subjek penelitian ialah siswa kelas Xll MlPA di SMA N l Ampek Angkek, di mana XII MlPA 1 bertindak untuk kelas eksperimen dan Xll MlPA 3 untuk kelas kontrol. Alat yang dipakai yaitu ujian esai untuk mengevaluasi pemahaman konsep. Temuan analisis data memakai uji U-Mann Whitney memperlihatkan nilai P senilai 0,008. Karena nilai P < 0,05, akibatnya bisa dirangkum yakni model TGT lebih efisien dalam meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan terhadap pembelajaran langsung.