PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 RAMBATAN
DOI:
https://doi.org/10.24036/8kyatv40Keywords:
Hasil Belajar MatematikaAbstract
Pencapaian hasil belajar yang optimal merupakan hal penting bagi setiap siswa. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Rambatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Non-Equivalent Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SSMPN 1 Rambatan Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VIII.6 sebagai kelompok eksperimen dan VIII.5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika berbentuk esai. Data yang terkumpul dianalisis melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji-t'. Hasil analisis uji-t' menunjukkan P-value sebesar 0,000. Karena P-value kurang dari