PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP N X 3 KOTO
DOI:
https://doi.org/10.24036/g9pfbq90Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model STAD, Pembelajaran LangsungAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII UPT SMPN 3 X Koto, yang awalnya rendah berdasarkan observasi dan tes awal. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent posttest-only control group, melibatkan kelas VIII.2 (eksperimen, STAD) dan VIII.3 (kontrol, pembelajaran langsung) sebagai sampel acak. Instrumen penelitian berupa kuis (eksperimen) dan tes akhir (kedua kelas). Hasil kuis menunjukkan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik, sedangkan tes akhir dianalisis dengan Uji-t. Nilai P-value (0,000) < 0,05 menolak H₀, membuktikan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model STAD lebih baik daripada pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan penerapan model STAD pada peserta didik kelas VIII UPT SMP N 3 X Koto efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis daripada pembelajaran langsung.