Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/723h7m78Abstract
Wawasan gagasan matematis ialah kecakapan paling mendasar yang harus dipunyai oleh pelajar. Namun demikian, wawasan gagasan matematis pelajar kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang masih tergolong rendah terlihat dari luaran tes awal wawasan gagasan matematis. Solusi yang dapat yang dapat dijalankan untuk menangani persoalan ini adalah menggunakan skema pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). maksud pengkajian ini untuk menjelaskan perkembangan wawasan gagasan matematika pelajar dengan skema NHT serta membandingkan hasilnya dengan pembelajaran langsung. Jenis pengkajian ini adalah percobaan semu (Quasy Experiment) dan deskriptif melalui desain Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pengkajian mencakup seluruh pelajar kelas X AKL SMK Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2024/2025, yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada pengkajian ini adalah Total Sampling. Kelas X AKL 1 terpilih sebagai kelas percobaan dan X AKL 2 terpilih sebagai kelas kontrol. luaran pengkajian menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh indikator wawasan gagasan. berlandaskan uji hipotesis diperoleh P-value = 0,000 (tolak , disimpulkan bahwa pelajar yang menjalankan pembelajaran dengan skema NHT menunjukkan wawasan gagasan yang lebih baik berbanding dengan pelajar pada kelas yang menjalankan skema pembelajaran langsung. Oleh karena itu, skema NHT menyalurkan pengaruh positif terhadap wawasan gagasan matematika pelajar.