Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP

Authors

  • Difa Aziza Universitas Negeri Padang Author
  • Suherman Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/7vq4qq08

Abstract

Pencapaian hasil belajar yang maksimal merupakan indikator penting keberhasilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division berbantuan GeoGebra pada hasil belajar matematika peserta didik di salah satu SMP yang terletak di Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment. Subjek penelitian terdiri dari 29 peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di kabupaten Tanah Datar. Instrumen penilaian berupa kuis dan soal uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa 15 orang peserta didik, atau lebih dari 50% dari keseluruhan peserta didik dalam kelas, mencapai skor di atas KKTP, mencerminkan keberhasilan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division yang dipadukan dengan GeoGebra terbukti berkontribusi positif meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik

Downloads

Published

2025-08-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 198-203. https://doi.org/10.24036/7vq4qq08