MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERINTEGRASI WAYGROUND UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 03 MUKOMUKO
DOI:
https://doi.org/10.24036/7qf1b482Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, STAD, WaygroundAbstract
Pembelajaran matematika siswa SMP menunjukkan hasil belajar yang belum optimal dan rendahnya penguasaan peserta didik pada level kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar serta membandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terintegrasi Wayground dengan pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu non-equivalent posttest-only control group, melibatkan 2 kelompok sampel dari kelas VIII yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar dan tes uraian hasil belajar, dianalisis menggunakan persentase aktivitas belajar dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan konsisten aktivitas belajar positif, penurunan aktivitas negatif, serta peningkatan skor kuis kelompok pada kelas eksperimen. H0 ditolak karena uji hipotesis dengan signifikansi menghasilkan nilai P-value = 0,001. Oleh karena itu, Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD terintegrasi Wayground menunjukkan hasil belajar matematika lebih baik daripada daripada pembelajaran konvensional.











