PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN FLIPBOOK PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI TJKT SMK NEGERI 3 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/racdxf43Keywords:
Hasil Belajar Matematika , Numbered Head Together, FlipbookAbstract
Hasil belajar matematika sebagai tolak ukur berhasilnya tujuan pembelajaran matematika.
Tujuan itu dapat dianggap berhasil apabila hasil belajar dikelompokkan dalam kategori baik. Namun
faktanya, menurut Penilaian Akhir Semester Genap pada kelas X tahun 2024/2025 hasil belajar
matematika peserta didik kelas XI TJKT di SMK Negeri 3 Padang masih belum dikategori baik. Usaha
untuk mengatasi masalah ini adalah memaksimalkan aktivitas belajar mengajar dengan penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan bantuan media pembelajaran IT berupa
Flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika peserta
didik selama proses kegiatan belajarnya memakai model pembelajaran NHT dan bantuan media Flipbook.
Metode yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek seluruh peserta didik kelas XI TJKT
SMK Negeri 3 Padang tahun pembelajaran 2025/2026, yang terdapat dua kelas. Informasi yang didapatkan
melalui kuis dan tes akhir berdasarkan indikator yang memuat tujuan pembelajaran matriks. Hasil dan
analisis yang diperoleh membuktikan hasil belajar matematika peserta didik selama menggunakan model
tipe NHT dan bantuan media Flipbook berhasil dikelompok kategori baik.











