Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR
DOI:
https://doi.org/10.24036/vmbe5e32Keywords:
Model Kooperatif, Model Tipe AIR, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Pemahaman konsep dan kemampuan memecahkan masalah merupakan aspek krusial dalam pembelajaran matematika karena keduanya mendukung siswa dalam mengembangkan pola pikir yang logis dan sistematis. Namun, kenyataannya, pemahaman matematika siswa kelas XII di MAN 3 Padang masih tergolong rendah. Kondisi ini dipengaruhi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar serta penggunaan metode pengajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman matematika pada siswa kelas XII MAN 3 Kota Padang. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XII di sekolah tersebut. Metode yang dipakai adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diwakili oleh kelas XII IPA 3, sedangkan kelas XII IPA 6 menjadi kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji posttest dengan uji-t, diperoleh nilai P-Value sebesar 0,004 yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematika setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe AIR.











