MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS X SMAS ADABIAH 2 PADANG

Authors

  • Ridho Syafura Universitas Negeri Padang Author
  • Yarman Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/01yw4p12

Keywords:

CORE, Desmos, Conventional Learning, Mathematical Concept Understanding

Abstract

Pemahaman konsep matematis berperan sebagai indikator utama untuk digunakan sejauh mana
peserta didik memahami materi yang dipaparkan. Kenyataannya di kelas X SMAS Adabiah 2 Padang masih
tergolong rendah. Pembelajaran yang pasif dan pembelajaran yang belum tepat menjadi faktor rendahnya
pemahaman konsep matematis. Solusi yang diberikan yakni model pembelajaran Connecting, Organizing,
reflecting, Extending (CORE) berbantuan Desmos. Pada riset ini menggunakan penelitian nonequivalent
posttest-only control group design dengan pendekatan kuasi eksperimen. Dengan analisis uji tes terhadap
pemahaman yang diteliti memanfaatkan uji-t, menunjukkan P-value sebesar 0,0000 pada tingkat signifikansi
α= 0,05. Hasil Analisis data, memaparkan jikalau melalui model pembelajaran CORE berbantuan Desmos
lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS X SMAS ADABIAH 2 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(2), 103-106. https://doi.org/10.24036/01yw4p12

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.