MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN DESMOS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS X SMAS ADABIAH 2 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/01yw4p12Keywords:
CORE, Desmos, Conventional Learning, Mathematical Concept UnderstandingAbstract
Pemahaman konsep matematis berperan sebagai indikator utama untuk digunakan sejauh mana
peserta didik memahami materi yang dipaparkan. Kenyataannya di kelas X SMAS Adabiah 2 Padang masih
tergolong rendah. Pembelajaran yang pasif dan pembelajaran yang belum tepat menjadi faktor rendahnya
pemahaman konsep matematis. Solusi yang diberikan yakni model pembelajaran Connecting, Organizing,
reflecting, Extending (CORE) berbantuan Desmos. Pada riset ini menggunakan penelitian nonequivalent
posttest-only control group design dengan pendekatan kuasi eksperimen. Dengan analisis uji tes terhadap
pemahaman yang diteliti memanfaatkan uji-t, menunjukkan P-value sebesar 0,0000 pada tingkat signifikansi
α= 0,05. Hasil Analisis data, memaparkan jikalau melalui model pembelajaran CORE berbantuan Desmos
lebih baik daripada pembelajaran konvensional.