PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PERTIWI 1 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/d1650g12Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Konvensional, Tipe Two Stay Two StrayAbstract
Kualitas pembelajaran tercermin dalam hasil belajar peserta didik. Data di SMA Pertiwi 1 Padang menunjukkan performa matematika kelas XI yang belum optimal. Penelitian eksperimental ini menguji tingkat keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) melalui pendekatan quasi-eksperimen dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design pada dua kelompok sampel (XI F-1 dan XI F-2). Evaluasi berbasis tes esai menunjukkan perkembangan progresif kemampuan peserta didik, sementara analisis komparatif dengan uji-t (tingkat signifikansi 0,05) menghasilkan 0,005, membuktikan keunggulan signifikan model TSTS dibandingkan model konvensional. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa model TSTS memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan hasil belajar matematis peserta didik, menyediakan alternatif pedagogis yang layak diimplementasikan dalam konteks pendidikan serupa