PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMAN 4 PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.24036/0y733s57Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Two Stay-Two Stray, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Pemahaman konsep matematis merupakan bekal awal yang mesti peserta didik miliki. Namun, hasil tes awal menunjukkan kemampuan peserta didik di SMAN 4 Pariaman rendah, dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) menjadi solusi permasalahan tersebut. Penelitian tergolong eksperimen semu dengan posttest-only control group design sebagai rancangannya. Dilakukan peninjauan progres pemahaman konsep matematis peserta didik yang pelaksanaan pembelajarannya dengan model TS-TS melalui kuis dan terbukti adanya peningkatan. Hasil uji t data tes akhir dengan taraf nyata senilai diperoleh , artinya tolak H0. Ditarik kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran TS-TS lebih baik dibandingkan konvensional.