PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 7 SAROLANGUN

Authors

  • Sindy Ika Puspita Universitas Negeri Padang Author
  • Yulyanti Harisman Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/m4j4yr40

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis , Model Two Stay Two Stray, Pembelajaran Konvensional

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah menganalisa pengaruh models pengajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) fokus pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMAN 7 Sarolangun, diawali dengan rendahnya observasi tes awal. Metode yang dipakai ialah kuasi eksperimen sesuai desain nonequivalent post-test only control group, menyertakan kelas XI F.7 sebagai kelas eksperimen serta XI F.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk kuis di kelas eksperimen serta tes akhir terhadap kedua kelas. Hasil kuis mengatakan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sedangkan tes akhir dianalisa lewat Uji-t. Nilai P-value 0,006 < 0,05 menolak H0,  mengatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis lewat model TSTS lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Sesuai hasil penelitian, yaitu penerapan models TSTS terhadap siswa  kelas XI SMAN 7 Sarolangun efektif peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dibanding model pengajaran konvensional.

Downloads

Published

2025-12-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 7 SAROLANGUN. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 165-170. https://doi.org/10.24036/m4j4yr40

Similar Articles

1-10 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.