PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 LUBUK SIKAPING
DOI:
https://doi.org/10.24036/sskp8g33Keywords:
Pemahaman konsep Matematis, Numbered Heads Together, Pembelajaran LangsungAbstract
Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan esensial yang harus dikuasai peserta didik. Namun, pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas VII SMP N 1 Lubuk Sikaping memperlihatkan tingkat pemahaman yang masih rendah, yang dibuktikan dengan hasil tes awal. Model pembelajaran yang tepat guna menyelesaikan masalah ini ialah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bermaksud untuk memaparkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui model NHT dan mengevaluasi hasilnya dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif dan kuasi-eksperimental dengan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi yang diteliti melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Lubuk Sikaping tahun ajaran 2024/2025. Teknik pemilihan sampel dengan Simple Random Sampling. Kelas VII.5 ditetapkan jadi kelas eksperimen, sedangkan Kelas VII.2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan di semua ukuran pemahaman konsep. Uji hipotesis menghasilkan nilai P-value sebesar 0,000, yang mengarah pada penolakan H0. Hal demikian mengindikasikan bahwasanya peserta didik dalam pembelajaran melalui model NHT menunjukkan pemahaman konsep yang lebih unggul ketimbang peserta didik dalam pembelajaran tradisional. Akibatnya, model NHT secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan cara itu, penerapan model pembelajaran kooperatif jenis NHT ini bisa dijadikan pilihan lain strategi yang efektif dalam proses pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama. Temuan ini juga memberi implikasi bagi guru agar lebih inovatif dalam memilih pendekatan instruksional yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik.











