Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/hkeyyj95Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Langsung, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bermaksud guna menentukan apakah keterampilan komunikasi matematika peserta didik melonjak ketika diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dilengkapi dengan video animasi, dikomparasikan dengan model pembelajaran langsung. Riset ini mempergunakan desain quasi-eksperimental dengan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi riset ini terdiri dari kelas VIII SMP Negeri 2 Padang pada TA 2024/2025. Metode sampling yang digunakan yakni sampling acak sederhana. Alat ukur penelitian berupa soal esai. Pada riset ini hipotesis nol (H0) ditolak dalam analisis hipotesis t-test karena nilai P = 0,000. Oleh karena itu, kelas VIII SMP Negeri 2 Padang yang mengimplementasikan model TPS mengindikasikan kemampuan yang lebih baik dikomparasikan dengan implementasi pembelajaran langsung.