PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII FASE D SMP NEGERI 1 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/kd5dm684Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk WriteAbstract
Kemampuan komunikasi matematis krusial untuk dimiliki peserta didik di era global saat ini, namun kelas VII SMPN 1 Padang masih menunjukkan hasil yang rendah. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan perkembangan kemampuan tersebut dengan mempergunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data dengan melaksanakan analisis data kuantitatif dan kualitatif guna menganalisa dampak model TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis. Temuan memaparkan adanya kontras yang signifikan, di mana kelas yang setelah diintegrasikannya model TTW mempunyai rata-rata kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi jika dikomparasikan dengan sebelum diterapkannya model TTW Dengan demikian, model TTW terbukti lebih efektif menyokong kemampuan komunikasi matematis.











