PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII FASE D SMP NEGERI 1 PADANG

Authors

  • Akmalul Huda Universitas Negeri Padang Author
  • Yulyanti Harisman Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/kd5dm684

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis krusial untuk dimiliki peserta didik di era global saat ini, namun kelas VII SMPN 1 Padang masih menunjukkan hasil yang rendah. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan perkembangan kemampuan tersebut dengan mempergunakan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data dengan melaksanakan analisis data kuantitatif dan kualitatif guna menganalisa dampak model TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis. Temuan memaparkan adanya kontras yang signifikan, di mana kelas yang setelah diintegrasikannya model TTW mempunyai rata-rata kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi jika dikomparasikan dengan sebelum diterapkannya model TTW Dengan demikian, model TTW terbukti lebih efektif menyokong kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Published

2025-12-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII FASE D SMP NEGERI 1 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4). https://doi.org/10.24036/kd5dm684

Similar Articles

1-10 of 91

You may also start an advanced similarity search for this article.