Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 34 Padang

Authors

  • salsabila farah aini Universitas Negeri Padang Author
  • Minora Longgom Nasution Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/xb4p5h75

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Aktivitas Belajar, Think Pair Square

Abstract

Pembelajaran matematika sangat bergantung pada pemahaman konsep. Jika peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran, kemampuan ini dapat ditingkatkan. Peserta didik SMPN 34 Padang yang berada di kelas IX masih belum memahami konsep matematis dengan baik. Penelitian ini, memaparkan aktivitas belajar peserta didik yang dioperasikan dengan model pembelajaran TPSq. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan kemampuan memahami konsep matematis antara peserta didik yang belajar dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Hasil menunjukkan kemampuan dengan penerapan TPSq lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, serta peserta didik dengan penerapan TPSq lebih aktif pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 34 Padang. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3), 104-109. https://doi.org/10.24036/xb4p5h75

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.