Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 34 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/xb4p5h75Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Aktivitas Belajar, Think Pair SquareAbstract
Pembelajaran matematika sangat bergantung pada pemahaman konsep. Jika peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran, kemampuan ini dapat ditingkatkan. Peserta didik SMPN 34 Padang yang berada di kelas IX masih belum memahami konsep matematis dengan baik. Penelitian ini, memaparkan aktivitas belajar peserta didik yang dioperasikan dengan model pembelajaran TPSq. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan kemampuan memahami konsep matematis antara peserta didik yang belajar dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Square dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Hasil menunjukkan kemampuan dengan penerapan TPSq lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, serta peserta didik dengan penerapan TPSq lebih aktif pada proses pembelajaran.