Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/cts2r558Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pembelajaran LangsungAbstract
Pemahaman konsep matematika sebagai keterampilan penting yang diperlukan siswa untuk mengendalikan berbagai kemampuan matematika lainnya. Meskipun demikian, hasil penelitian menandakan bahwasanya siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi mempunyai pemahaman matematis yang relatif tumbuh perlahan. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai seberapa efektif model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) disandingkan dengan model pembelajaran langsung guna mengembangkan pemahaman konseptual matematis. Jenis penelitian yang dipergunakan ialah deskriptif dan quasi-eksperimen, dengan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Semua siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bukittinggi Tahun Ajaran 2025–2026 adalah subjek penelitian. Kelas VIII.5 dianggap berperan sebagai kelompok pembanding, dan Kelas VIII.7 dianggap berperan sebagai kelompok percobaan dari populasi tersebut. Studi ini menggunakan tes uraian untuk mengetahui seberapa baik siswa memahami konsep matematis. Hasil analisis hipotesis engungkapkan bahwa nilai P-value = 0,000, dengan taraf signifikansi 0,05. Dikarenakan P-value di bawah 0,05, H₀ ditolak. Karenanya, dapat dikonklusikan bahwa, dibandingkan dengan pembelajaran langsung, implementasi model kooperatif TPS lebih efisien dalam menaikkan pemahaman matematis siswa.











