Implementasi Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.24036/dpm1e615Keywords:
Kooperatif, STAD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Model ini digunakan karena dapat meningkatkan interaksi antar peserta didik, memperkuat pemahaman konsep, serta mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tanah Datar dengan melibatkan 29 peserta didik kelas VIII sebagai subjek. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar matematika pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, serta observasi terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Data dianalisis untuk melihat perkembangan hasil belajar dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari prasiklus ke siklus II, seiring dengan meningkatnya keterlibatan peserta didik dalam diskusi dan kerja kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.