PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 28 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/v4jmp561Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu kompetensi penting yang harus dikembangkan oleh peserta didikseiring dengan kemajuan dalam pelajaran matematika. Namun, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 28 Padang masih memiliki pemahaman konsep matematis yang rendah. Hasil tes awal menunjukkan bahwa peserta didik masih kesulitan memahami konsepdengan benar sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji seberapa baik pemahaman konsep matematika ketika diajar dengan model kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Dengan mempergunakan non-equivalent posttest only control group design, penelitian ini menggunakan metodologi quasy experiment. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik yang berada di kelas VIII. Data dikumpulkan melalui ujian uraian yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis, menurut Permendikbud No. 58 Tahun 2014. Metode simple random sampling digunakan untuk mengambil sampel, dan sampel yang diambil adalah kelas VIII.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai standar ketuntasan SMPN 28 Padang. Hasil analisis menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari total peserta didik di kelas sampel, mencapai skor di atas KKTP. Ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, telah terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization membantu peserta didik lebih baik dalam pemahaman konsep matematika.











