PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 PAYAKUMBUH

Authors

  • Firhana Sofria sofi Universitas Negeri Padang Author
  • Mirna, S.Pd., M.Pd Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/j5j6bs52

Keywords:

Hasil Belajar Matematika , PBL , Pembelajaran Konvensional

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni mendokumentasikan perkembangan hasil belajar matematika pada kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh dengan menggunakan model PBL.  Hasil penelitian ini juga mengkomparasikan dampak strategi ini terhadap pembelajaran dengan pendekatan konvensional.  Posttest-Only Control Group Design digunakan sebagai metode penelitian.  Seluruh  kelas XI merupakan populasi penelitian, dan sampel diambil secara acak.  Menggunakan uji t, penelitian ini menguji hipotesis penelitian.  Berdasarkan hasil uji t,  kelas XI di SMA Negeri 3 Payakumbuh menunjukkan hasil yang lebih baik ketika diajarkan menggunakan model PBL jika dikomparasikan dengan cara konvensional.  Hasil ini dicapai dengan nilai α sebesar 0,05 dan nilai P-value sebesar 0,003.

Downloads

Published

2025-12-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 PAYAKUMBUH. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 215-220. https://doi.org/10.24036/j5j6bs52

Similar Articles

11-20 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.