PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24036/j5j6bs52Keywords:
Hasil Belajar Matematika , PBL , Pembelajaran KonvensionalAbstract
Tujuan penelitian ini yakni mendokumentasikan perkembangan hasil belajar matematika pada kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh dengan menggunakan model PBL. Hasil penelitian ini juga mengkomparasikan dampak strategi ini terhadap pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Posttest-Only Control Group Design digunakan sebagai metode penelitian. Seluruh kelas XI merupakan populasi penelitian, dan sampel diambil secara acak. Menggunakan uji t, penelitian ini menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji t, kelas XI di SMA Negeri 3 Payakumbuh menunjukkan hasil yang lebih baik ketika diajarkan menggunakan model PBL jika dikomparasikan dengan cara konvensional. Hasil ini dicapai dengan nilai α sebesar 0,05 dan nilai P-value sebesar 0,003.











