PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X FASE E SMAN 1 SULIKI
DOI:
https://doi.org/10.24036/9wcw1w42Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Konvensional, Think Talk WriteAbstract
Hasil belajar merupakan indikator penting untuk menilai sejauh mana pelajar menguasai materi pelajaran yang diberikan oleh pengajar. Namun, kenyataannya pencapaian akademik matematika pelajar kelas X Fase E SMA Negeri 1 Suliki masih tergolong rendah. Rendahnya pencapaian akademik ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif pelajar. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penerapan prosedur pembelajaran kolaboratif tipe Think Talk Write (TTW). Maksud pengkajian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pencapaian akademik dan menelaah apakah pencapaian akademik matematika pelajar yang pembelajarannya menerapkan prosedur pembelajaran kolaboratif tipe TTW lebih unggul ketimbang pencapaian akademik matematika pelajar yang pembelajarannya menerapkan prosedur pembelajaran tradisional. pengkajian ini menerapkan teknik pengkajian deskriptif dan quasi percobaan dengan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Berlandaskan hasil uji-t pada tes hasil belajar, diperoleh nilai P-value < α yaitu sebesar 0,003 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis menggambarkan bahwa prosedur pembelajaran kolaboratif tipe TTW memperoleh pencapaian akademik matematika yang lebih unggul diukur terhadap dengan pembelajaran tradisional. Selain itu, peningkatan pencapaian akademik juga terlihat dari rerata nilai kuis yang diperoleh selama penerapan prosedur pembelajaran kolaboratif tipe TTW.











