Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Lima Puluh Kota
DOI:
https://doi.org/10.24036/2wp1jj14Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Penelitian ini bermaksud guna mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika dengan mempergunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas VII MTsN 2 Lima Puluh Kota. Selain itu, penelitian ini juga akan mengomparasikan hasil belajar dengan mempergunakan model ini dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Secara metodologis, penelitian ini mempergunakan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Seluruh partisipan dalam penelitian ini yakni kelas tujuh. Salah satu cara untuk memilih sampel yakni dengan mempergunakan metode simple random sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan mempergunakan uji U-Mann Whitney. Pada kelas VII MTsN 2 Lima Puluh Kota, yang belajar dengan model NHT lebih unggul dari model konvenisional, berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney. Konklusi ini diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05 dan P-value = 0,0000.











