PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.24036/7a9ke098Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Model Pembelajaran KonvensionalAbstract
Sejauh mana siswa mencapai dan memahami sepenuhnya tujuan pembelajaran matematika merupakan indikasi keberhasilan tujuan tersebut. Data yang dikumpulkan dari hasil evaluasi harian siswa kelas VIII di SMPN 1 Situjuah Kecamatan Limo Nagari pada materi bilangan berpangkat mengungkap bahwasanya kemampuan siswa dalam matematika masih di bawah rata-rata. Hal tersebut karena siswa tidak berminat atau turut serta dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dipilih sebagai model belajar dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah tersebut. Inti dari penelitian ini adalah membandingkan seberapa baik siswa belajar matematika antara model TPS dengan pembelajaran tradisional. Penelitian ini bersifat seperti eksperimen karena menggunakan Nonequivalent Posttest Only Control Group. Siswa kelas delapan dari SMPN 1 Situjuah, Kecamatan Limo Nagari, ikut serta dalam penelitian ini. Mereka terbagi menjadi satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Tes deskriptif hasil belajar digunakan untuk penelitian ini. Ketika uji-t digunakan untuk melihat data, nilai P-value adalah 0,002. Nilai P-value kecil dari 0,05, yang berarti siswa belajar matematika lebih baik ketika mereka menerima model TPS dibandingkan dengan cara mengajar tradisional.