PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PADANG

Authors

  • Umar Wahid Arif Universitas Negeri Padang Author
  • Mirna Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/qd8wtw11

Abstract

Kajian ini difokuskan untuk menganalisis efektivitas implementasi model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam meningkatkan kompetensi siswa tingkat SMA kelas XI untuk memecahkan persoalan matematika. Metodologi yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan. Subjek penelitian meliputi keseluruhan peserta didik kelas XI SMAN 1 Padang periode akademik 2024/2025, di mana penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menetapkan kelas XI F.2 sebagai kelas sampel dan XI F.7 sebagai grup pembanding. Alat ukur yang digunakan berupa evaluasi akhir pembelajaran yang dikonstruksi khusus untuk menilai kapasitas penyelesaian masalah matematis. Analisis statistik menghasilkan nilai p-value 0,001 yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa implementasi model SSCS memberikan dampak yang bermakna terhadap kemajuan kemampuan mengatasi masalah matematika. Konsekuensinya, peserta didik yang mengalami proses pembelajaran dengan pendekatan SSCS memperlihatkan prestasi akademik yang lebih optimal ketimbang siswa yang mendapat pengajaran dengan cara tradisional.

Downloads

Published

2025-11-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4). https://doi.org/10.24036/qd8wtw11