Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Sungai Limau

Authors

  • Deby Mutia Sari Universitas Negeri Padang Author
  • Edwin Musdi Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/pff36z03

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional, Think Pair Square

Abstract

Hasil pembelajaran dapat diartikan sebagai pencapaian yang diraih oleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Peningkatan mutu proses pengajaran di kelas diyakini memperoleh efek pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bermaksud mengamati kontras hasil belajar kelas VII SMPN 2 Sungai Limau antara yang diintegrasikan model kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dan yang memperoleh pembelajaran dengan cara tradisional. Tipe penelitian yakni quasi experiment dengan Posttest Only Control Group Design. Populasi yakni kelas VII kelas VII di SMPN 2 Sungai Limau pada TA 2024/2025. Penarikan sampel dilaksanakan secara acak sederhana (Simple Random Sampling), dengan kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.2 sebagai kelompok kontrol. Alat penelitian berupa tes tertulis di akhir pembelajaran guna mengalkulasi hasil belajar matematika. Merujuk pada analisis uji-t, didapat nilai P-value yakni 0,000. Karena P-value < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, hasil belajar matematika dengan model TPSq lebih unggul daripada cara konvensional.

 

Downloads

Published

2025-09-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Sungai Limau. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(3). https://doi.org/10.24036/pff36z03

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.