Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP
DOI:
https://doi.org/10.24036/1jbkec87Keywords:
think pair share, Model Pembelajaran Kooperatif, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Peserta didik dalam konteks globalisasi saat ini membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang kuat dalam matematika; namun, kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP terus menghadapi tantangan dalam domain ini. Penelitian ini bermaksud memaparkan perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan metode pembelajaran konvensional, serta dampaknya terhadap perkembangan kemampuan tersebut. Kelompok eksperimen yakni kelas XI F4, sedangkan kelompok kontrol yakni kelas XI F5. Sampel dipilih secara acak dengan menggunakan desain quasi-eksperimen posttest-only control group. Pada riset ini uji-t dimanfaatkan guna menganalisis data posttest. Model TPS menghasilkan kinerja rata-rata yang lebih unggul jika dikomparasikan dengan kelas konvensional, seperti yang ditunjukkan oleh hasil riset. Sehingga, dapat dikonklusikan jikalau model TPS lebih unggul dalam mendorong kemampuan pemecahan masalah matematika.