PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 1 LUBUK SIKAPING
DOI:
https://doi.org/10.24036/kw3jwq17Abstract
Seiring dengan kemajuan dalam pelajaran matematika, peserta didik harus mengembangkan kompetensi penting, salah satunya adalah kemampuan memecahkan masalah matematika. Namun demikian, kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping masih mempunyai tingkat kemampuan yang rendah. Hasil penilaian harian menunjukkan dengan jelas jikalau peserta didik masih kesulitan memecahkan masalah secara akurat sesuai dengan tahapan pemecahan masalah matematika. Mempergunakan model Problem-Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan video animasi merupakan kiat sebagai penanggulangan persoalan ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lubuk Sikaping ketika sudah dipraktikkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 29 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data memakai tes uraian yang terdapat empat soal, disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Iryanti (2020). Sampel diambil berdasarkan Teknik Random Sampling, sampel di kelas VIII.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam aspek mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui mencapai 76%, merumuskan masalah matematis 86%, menerapkan rumus 79%, dan menginterpretasikan hasil 59%. Rata-rata keseluruhan dari keempat indikator tersebut adalah 76%, yang memperlihatkan bahwa secara umum kemampuan pemecahan masalah siswa telah berada di atas standar ketuntasan yang ditetapkan oleh SMPN 1 Lubuk Sikaping. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi berpotensi memberikan kontribusi positif pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.











