PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24036/cg7v5644Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Kooperatif Tipe Think Talk Write, Pembelajaran LangsungAbstract
Pada ilmu matematika, penguasaan konsep secara konseptual merupakan aspek krusial yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Akan tetapi, Fakta empiris di lapangan mengindikasikan jikalau peserta didik di SMP Negeri 4 Payakumbuh masih memiliki tingkat pemahaman konsep yang rendah. Penelitian ini bermaksud untuk mengevaluasi kefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) guna meningkatkan pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan pendekatan
pembelajaran langsung. Penelitian ini memakai teknik yang dikenal sebagai “eksperimen semu” untuk menghimpun data. Posttest-Only Control Group ialah desain penelitian yang akan digunakan. Partsipan
penelitian terdiri seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh sebagai populas , sedangkan kelas VIII.7 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.10 sebagai kelompok kontrol yang merupakan sampel. Tes uraian yang mengukur pemahaman konsep matematis menjadi instrumen dalam peneltian. Analisis data memaparkan jikalau nilai P-value sebesar 0,001 yang diperoleh menggunakan uji-t. Karena angka tersebut terbilang lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05, maka H₀ ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan jikalau memakai model TTW memberikan hasil yang superior/unggul terhadap pemahaman konsep matematis dari pada pembelajaran lansung.